Uncategorized

Kisah si Gadis Red Velvet

“Ia percaya hujan selalu memberi ketenangan.”

Sukaaaaa pake banget!!! … XD

Rumah Cerita Ratih Cahaya

Halo, perkenalkan. Aku adalah kedai sederhana yang terletak di pinggir jalan raya yang cukup ramai. Untuk alasan sentimental yang sangat rahasia, pemilikku memberiku nama “November Rain”. Sebuah nama yang unik dan kurang cocok disandang oleh kedai sepertiku.

weheartit.jpg

Aku menyediakan berbagai macam minuman dan makanan ringan. Segala jenis teh, kopi, dan minuman hangat lainnya bisa kautemukan di tempatku. Aku juga menyediakan kue-kue manis dan gurih yang cocok sebagai pengganjal perutmu.

Sayang sekali, aku tidak menyediakan makanan berat. Pemilikku menginginkan aku sebagai tempat berkumpul, bercengkrama, mengobrol, atau bahkan merenung. Menurutnya, makanan berat kurang cocok untuk semua kegiatan itu.

Aku buka dari pukul sepuluh pagi hingga pukul sepuluh malam. Namun, biasanya pengunjung baru ramai setelah jam makan siang. Ya, sekitar pukul dua ke atas. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa yang mampir untuk mengunyah beberapa risoles sambil mengerjakan tugas kuliah. Menjelang sore, banyak juga karyawan-karyawan yang mampir ke sini. Sekadar melepas lelah dan penat…

Lihat pos aslinya 1.974 kata lagi

Iklan
#puitis, curhat, hujan, poetic, quotes, Uncategorized

LUAPAN

Setelah makan siang—tepatnya, saat sedang kepedesan ngemil cilok—seorang kawan di kantor memperlihatkan halaman persembahan yang tertulis “untuk para pecinta hujan” pada novel “London” karya Windry Ramadhini. Kemudian, aku teringat dengan segala hal yang selama ini tertumpuk tak terbuang.

~oOo~

Aku suka segala persembahan yang ditujukan kepada hujan, suka segala hal yang menyebutkan hujan, suka segala hal tentang hujan, bahkan aku suka ketika menyebut diriku sebagai penyuka hujan, pecinta hujan, dan sejenisnya.
Namun, aku tak suka, sedih ketika orang-orang mengidentikan hujan dengan kesedihan.
“Sedih kalau hujan turun,” begitulah kata mereka.

Seperti cinta yang entah mengapa terkadang disandingkan dengan biru—penanda kesenduan, aku tak pernah sekali pun setuju apabila hujan disandingkan dengan kesedihan dan lara.
Sebab, sejatinya, hujan tidak pernah mendatangkan kesedihan.
Ketika seseorang berkata bahwa dia sedih saat hujan atau mendengar kata hujan, sebenarnya, hati dan pikiran dialah yang bersedih.
Sebab dia memiliki sesuatu yang membuat diri bersedih saat hujan.

Kenangan.

~oOo~

.
.
RainyOrange Evening
31 Oktober, 2017

Uncategorized

Ruang Rindu

“Aku tidak mau merasakan rindu. Tetanggaku meninggal karena itu.”

Cahaya … Ini mellow menggelitik yang menyeramkan, hahaa …

Rumah Cerita Ratih Cahaya

Aku tidak mau merasakan rindu. Tetanggaku meninggal karena itu.

9782880026_9575aab41d_o

Dulu, saat aku berumur sembilan tahun, aku punya seorang tetangga yang cantik. Namanya Putri. Usianya saat itu sekitar 20 tahun. Aku biasa memanggilnya Mbak Putri. Dia gadis yang lembut dan baik hati. Tidak jarang, sebelum berangkat kuliah, dia memberikan kami – sekelompok anak kecil yang bermain di gang rumah- sebungkus coklat. Lalu tersenyum kepada kami dan melambaikan tangan. Kami semua sangat suka kepada Mbak Putri.

Hingga pada suatu hari, kami menemukan Tomi, kucing kesayangan milik sahabatku, Reina, salah satu anggota geng anak kecil di gang rumah, ditemukan tergeletak mati di depan gudang rumah Mbak Putri. Reina terus menangis karena Tomi mati. Sedangkan kami, teman-temannya, menggali tanah di depan rumahku yang masih tersisa, untuk mengubur Tomi.

Aku dan Hakim, mempraktekkan apa yang kami baca di Sapta Siaga. Kami tidak begitu saja percaya pada kematian Tomi yang tiba-tiba. Pasti ada alasan kenapa Tomi…

Lihat pos aslinya 1.292 kata lagi

#puitis, curhat, Poem, poetic, poetry, puisi

TAK PAHAMLAH

Dalam otakku, ada berbagai macam pikiran yang melintas, menggelayut lalu menumpuk. Ada bermacam tipe, variasi, dan rasa. Namun, aku tak tahu cara untuk menuliskannya dengan baik, buta cara menumpahkannya dengan benar.

Sejenak terasa melebur, berhamburan, beterbangan, melayang-layang bak serpihan debu bercampur tepung terigu. Warna-warna pastel sejenis abu-abu, merah, pink, hijau, kuning, biru, semua bercampur meski tak menyatu. Terlihat, tetapi tak jelas. Tak terkecap, tetapi kuyakin ini manis. Manis yang tak jelas. Tak pahamlah aku.

.
.

RainyOrange Night
28 September, 2017

Uncategorized

Bagaimana agar konsisten menulis blog setiap hari

“Paksa dan lakukan”

mudjirapontur

Konsisten. Sebuah kata yang sudah berulang kali menjadi kata kunci dalam hidup saya. Kata ini yang kemudian mejadikan saya berangsur menghilangkan keraguan dari apa yang ingin saya capai. Bukankah “perjuangan tak pernah ingkar janji” dan konsisten adalah kunci perjuangan sejati. Ealah malah kayak orasi motivasi.

Baik. Konsisten menulis untuk blog. Menulis bagi saya adalah tentang bagaimana menemukan segala sesuatu ‘ide’ yang kita lihat, dengar, dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari.
Lahirnya sebuah ‘postingan’ dalam wujud tulisan itu dengan menuliskannya, tulis apa sana dengan jujur, dan jangan menunda untuk menulisnya.

Sebab hari sebelumnya saya berjanji kepada kawan blogger saya Belly yang suka ngomong elo gue, penghuni blogbellyrpfreedomsilakan dikunjungi dan main-main di sana, tenang saja pemiliknya ramah sebab dia menulis untuk kebebasan. Karena janji sebaiknya ditepati maka saya coba kembali merapikan apa yang pernah saya ketik sebelumnya untuk sebuah diskusi online tentang bagaimana agar konsisten menulis di blog.

Ya…

Lihat pos aslinya 847 kata lagi

Uncategorized

I wish I could be stronger, but…

Cahaya mah bikin aku mewek … #Hiks #TisuManaTisu #BigHugCahaya

Semangat Cahayaaaa! ^ ~^)9

Rumah Cerita Ratih Cahaya

tumblr_mjubhwOn3I1rza5gao1_1280

Pada suatu pagi, sebuah pesan Whats App masuk ke dalam handphone saya. Isinya kurang lebih mengucapkan selamat hari lahir dan penjelasan tentang kekurangan-kekurangan saya dan bagaimana seharusnya saya bersikap sebagai seorang istri, menantu, dan ipar.

Mungkin hal ini terdengar sepele dan biasa saja. Mungkin orang lain yang membaca akan merasa biasa saja, nasihat itu mungkin terasa wajar saja. Tetapi tidak bagi saya. Entah mengapa, setelah membaca pesan itu, saya langsung merasa jatuh sejatuh-jatuhnya.

Otak saya, bagian yang saya percaya bisa bekerja dengan logis, mengatakan bahwa hal itu wajar saja, biasa saja. Malah itu adalah hal baik, ada seseorang yang masih peduli pada saya dan mau menasihati saya. Bukankah kita memang dianjurkan untuk saling menasihati? Lagi pula, namanya hidup, pastilah ada kritik yang akan kita hadapi.

Akan tetapi, hati saya dan bagian tubuh saya yang lain tidak sejalan dengan otak. Mata saya langsung mengeluarkan air mata. Hati saya merasa begitu sedih…

Lihat pos aslinya 1.065 kata lagi

Uncategorized

Bosan Ngeblog? 9 Tips yang Akan Membuat Anda Jatuh Cinta Lagi

Ibarat anggota grup, aku sedang senang menjadi SR a.k.a silent reader untuk sementara waktu. Penyebabnya? Macam-macam.

Semoga rasa iri di hatiku dengan kawan-kawan blogger yang konsisten mem-posting semakin menumpuk lalu menggugah jari-jemari untuk kembali menulis.

Cara Mengatasi Rasa Bosan NgeblogSumber gambar : Pionuss.com

Ngeblog merupakan permainan yang panjang. Ini seperti pertandingan lari marathon. Kita perlu strategi untuk menghemat energi atau mengerahkan segalanya agar bisa sampai di garis finish.

Di masa awal, mungkin masalah belum menampakkan diri. Lagipula kita masih sangat antusias dan punya banyak energi untuk terus melakukannya. Anda mungkin juga berpikir bahwa Anda punya passion dalam ngeblog sehingga menikmati segalanya.

Tapi…semakin lama kita berpetualang, kesenangan perlahan hilang dan muncul tantangan silih berganti.

Lihat pos aslinya 912 kata lagi

Uncategorized

Pithecantropus Septhermos

“Rasa maluku, ternyata ibukotanya ambon.”

Hahaa … bener tapi lucu. Lucu tapi bener ….

PITHECANTROPUS

Bulan apa ini? Ternyata september. Bulan yang terserat di sembilan wajah almenak. Bulan yang amat ramai oleh hajat. Sembilan bulan sudah berlalu. Hampir sampai ke tahun baru. Hai september, dengarkanlah apa yang ku mau.

September. Lihatlah. Perlengkapan rindu sudah siap dideru. Hujan dan mati lampu. Suasana yang tepat bertemu kamu. Menggenggam tanganmu. Menyeka rambut yang terurai wajahmu. Aku dan kamu bertatap peluk. Mendekap lebih hangat dari nasi uduk mak Acung sewaktu subuh. Detak jantung saling memacu. Darah tak lagi membeku. Membiarkan ruang kosong terisi penuh. Oleh dirimu. Dengan cintamu.

September. Aku ingin membentukmu lebih artistik. Walau kau dan aku sedang sama-sama pelik. Walau jauh dari hal romantik. Menuang air hangat pada cangkir, ditabuhi jamu rematik. Ya tuhan, kita sudah tua. Ada rasa malumu untuk katakan rindu yang terlalu lama kau kasbon. Rasa maluku, ternyata ibukotanya ambon. Cinta, kenapa kita terpisah? Itu karena, bagian training sebelum berumah tangga.

September. Demi laut…

Lihat pos aslinya 14 kata lagi

Uncategorized

Belajar dari Tahu Bulat

Tahu bulat .. digoreng dadakan ..#nyamm :9

Capek Diem

Kabarnya tahu bulat, kuliner asal Tasikmalaya yang sedang naik daun ini, akan diekspor ke Malaysia, Singapura, dan Arab Saudi. Mengingat lidah kita sejak dulu sudah sangat akrab dengan tahu dan omzet tahu bulat yang melejit drastis, apa yang membuat tahu bulat ini begitu spesial? Mari kita simak pesan-pesan moral dari tahu bulat berikut ini!

Tahu Cara Berinovasi dan Berevolusi

Tahu bulat sadar bahwa di tengah hiruk pikuk peradaban, tahu pun perlu rebranding dan mengalami perubahan desain demi memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berubah setiap harinya. Suara announcer jingle tahu bulat yang mati segan hidup tak ingin dalam mempromosikan sang tahu pun membuktikan bahwa berjualan tak perlu terlalu ngotot seperti para pedagang lainnya. Cukup berusaha dan berserah diri pada Ilahi.

Segala yang Dadakan Biasanya Akan Selalu Jadi

Kadang-kadang rencana yang sudah dipersiapkan sehari-hari selalu basi, begitu juga tahu yang digoreng sedari dulu ujung-ujungnya akan dingin seperti hubungan yang mulai basi. Tahu…

Lihat pos aslinya 256 kata lagi

Uncategorized

Kata yang Tak Cukup Buat Berkata

Mata Puisi ಠ Hasan Aspahani

OlehHasan Aspahani

BERAPA jumlah kata dalam sebuah bahasa? Bisa diterka, tapi tak pernah ada angka yang pasti. Bahasa Inggris punya 470.000 kata, menurut kamus Merriam-Webster (1993). Edisi terakhir Oxford English Dictionary, kamus Bahasa Inggris yang lain, memuat setengah juta kata. Bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa dengan jumlah kata terbesar. Bandingkan dengan tetangga dekatnya. Bahasa Jerman diperkirakan punya 185.000 kata, dan Prancis lebih sedikit lagi, 100.000 kata. Bagaimana dengan Bahasa Indonesia? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi IV (2008) memuat 90.049 lema. Tahun 2016, edisi V KBBI kita itu memuat 127.036 lema dan makna.

Berapa kata yang dikuasai oleh seorang manusia? Penelitian pada pengguna Bahasa Inggris memperlihatkan hasil yang amat bervariasi, antara 20 ribu hingga 42 ribu kata. Juga tergantung pada perkembangan usia. Sampai usia dua tahun rata-rata seorang anak bisa menguasai tiga ratus kata. Umur lima tahun, melonjak hingga lima ribu kata, dan pada usia 12 tahun mencapai…

Lihat pos aslinya 406 kata lagi